Bagaimana Anda Mengatur Biaya Konsultasi?

Salah satu pertanyaan paling sering saya terima dari mereka yang mencoba memulai atau menumbuhkan bisnis konsultasi mereka sendiri adalah: "Bagaimana dan apa Anda membebankan klien untuk layanan konsultasi Anda?"

Cara penagihan klien sangat banyak. Ada tarif per jam, tarif tetap di tempat kerja, pengaturan kontingensi atau kinerja, biaya tetap ditambah biaya, biaya harian ditambah pengeluaran, dan banyak metode pengisian daya lainnya untuk layanan konsultasi Anda. Mana yang terbaik?

Mari kita pertimbangkan beberapa cara penagihan untuk waktu Anda.

1. Tarif Per Jam atau Harian

Banyak konsultan mengenakan biaya per jam atau hari. Untuk menetapkan tarif per jam atau harian, mereka mencoba menghitung jumlah jam yang dapat ditagih dalam setahun. Banyak jam akan dihabiskan untuk pemasaran dan dalam administrasi dan fungsi lainnya, jadi kali ini tidak dikenakan biaya kepada klien. Juga, waktu liburan, hari libur, hari sakit, dan sebagainya, tidak dapat langsung ditagih ke klien.

Konsultan, seperti bisnis lain, harus mengenakan biaya yang cukup untuk menutupi biaya overhead mereka dan juga memperoleh laba. Jika seorang konsultan ingin mendapatkan dua puluh lima dolar per jam waktu kerja, dia (atau dia) mungkin harus mengenakan biaya seratus dolar per jam kepada klien. Ini mengasumsikan satu setengah jam yang dapat ditagih dan lima puluh persen biaya overhead dan laba.

Tarif per jam atau harian Anda mungkin dibatasi oleh apa yang dituntut pesaing Anda, terutama jika Anda belum memposisikan diri Anda sebagai berbeda dari mereka.

2. Fixed atau Flat Rate

Beberapa konsultan mengenakan biaya berdasarkan pekerjaan atau tarif tetap. Misalnya, konsultan pajak mungkin mengenakan biaya tiga ratus dolar untuk menyiapkan pengembalian pajak bagi Anda dan pasangan Anda, termasuk laporan pendapatan yang tidak diaudit untuk bisnis Anda dari informasi yang diberikan oleh Anda. Jika konsultan hanya membutuhkan satu jam untuk melakukan hal ini, ia memberikan tiga ratus dolar per jam. Namun, jika konsultan pajak salah menghitung waktu yang diperlukan, dia bisa mengambil dua puluh jam untuk menyelesaikan pekerjaan dan membuat hanya lima belas dolar per jam.

Tentu saja, konsultan juga dapat menghasilkan laba atas kerja karyawan atau subkontraktor mereka.

Banyak konsultan mengklaim untuk membuat lebih banyak pada tarif tetap daripada setiap jam. Keuntungan termasuk dapat memberikan penawaran kepada klien di depan dan sedikit perselisihan tentang harga (karena total tagihan disepakati sebelumnya).

Untuk melindungi diri sendiri pada penetapan tarif tetap, selalu batasi cakupan keterlibatan Anda dengan sesuatu yang dapat Anda hitung dengan mudah.

Misalnya, jika Anda diminta untuk memberikan penawaran untuk menyiapkan situs web untuk bisnis, Anda dapat memecahkan proyek ini menjadi tugas yang lebih kecil.

Pertama, Anda dapat memberikan penawaran untuk penelitian dan rekomendasi awal. Perkirakan waktu yang diperlukan untuk bertemu dengan klien, pelajari tentang bisnis dan tujuannya, kembangkan strategi dan anggaran, dan siapkan rekomendasi tentang cara melanjutkan. Kemudian, berikan klien kutipan (mungkin dalam bentuk perjanjian surat atau proposal satu halaman). Setelah menerima tawaran oleh klien secara tertulis, Anda dapat melanjutkan dengan fase proyek ini.

Beberapa konsultan mengumpulkan setengah dari biaya mereka di muka dan setengahnya setelah penyelesaian tugas untuk setiap fase proyek konsultasi.

Jika klien tidak menyukai rekomendasi Anda, setidaknya Anda dibayar untuk pekerjaan yang Anda lakukan. Mungkin Anda bisa meminta bayaran untuk menyiapkan saran alternatif.

Jika proyek situs web Anda tidak dipecah menjadi langkah atau tugas yang lebih kecil, Anda dapat menemukan bahwa Anda menghabiskan lebih banyak waktu pada proyek daripada yang diantisipasi.

Juga, Anda mungkin tidak mengetahui sampai Anda menyajikan tagihan untuk seluruh proyek yang tidak dibayar klien Anda, baik karena ia tidak puas dengan hasilnya atau karena ia tidak mampu atau tidak mau membayar.

Meruntuhkan proyek ke dalam tugas yang lebih kecil membantu Anda memperkirakan secara lebih akurat dan membatasi eksposur keuangan Anda.

3. Pengaturan Kontijensi atau Kinerja

Terkadang klien akan meminta Anda untuk menjadi pasangan mereka. Jika Anda melakukannya, Anda tidak lagi menjadi konsultan obyektif.

Bagaimana jika klien Anda meminta Anda untuk melakukan konsultasi manajemen untuk dua puluh lima persen dari laba bersih? Akankah bahkan ada keuntungan apa pun ketika dia menulis mobil, kantor rumah, hiburan, perjalanan, upah untuk diri sendiri dan anggota keluarga, dan biaya lainnya?

Di sisi lain, jika Anda seorang konsultan pemasaran yang benar-benar yakin bahwa Anda dapat meningkatkan penjualan klien, Anda mungkin merasa percaya diri mengenakan biaya berdasarkan peningkatan volume penjualan klien. Apakah Anda yakin klien Anda akan bekerja sama dengan Anda dalam mencapai tujuan ini?

Beberapa konsultan mengenakan tarif tetap ditambah persentase kepemilikan atau keuntungan untuk layanan mereka.

Biaya berdasarkan pengaturan kontingensi atau kinerja berisiko. Sebagian besar konsultan lebih baik menetapkan harga yang wajar untuk layanan mereka dan meninggalkan risiko bisnis klien kepada klien.

4. Nilai Biaya Berbasis

Terkadang konsultan dapat membenarkan biaya berdasarkan nilai mereka kepada klien. Misalnya, jika Anda menyimpan klien satu juta dolar dalam pajak, biaya Anda mungkin lebih tinggi daripada biasanya untuk mencerminkan nilai layanan yang diberikan.

Anda mungkin membayar akuntan atau pengacara dengan biaya seribu lima ratus dolar berdasarkan waktu untuk layanan terkait pajak tertentu. Apa yang akan Anda bayarkan untuk menghemat lebih dari satu juta dolar dalam bentuk pajak? Sepuluh ribu dolar, seratus ribu dolar, atau lebih?

Dapatkah Anda menerapkan informasi ini ke praktik konsultasi Anda sendiri? Apakah ada layanan yang sangat berharga yang dapat Anda berikan yang akan membenarkan tarif premium?

Namun dan apa pun yang Anda kenakan, pastikan bahwa biaya Anda adalah nilai yang baik untuk klien Anda dan juga memberi Anda kompensasi yang adil.

Anda ingin tahu mengenai kesuksesan anda bisa baca di bagaimana anda bisa mengukur kesuksesan anda dapat mengukur tingkat kesuksesan anda. Jika anda merasa telah sukses sebaiknya anda baca itu terlebih dahulu.

0 Response to "Bagaimana Anda Mengatur Biaya Konsultasi?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef